Februari 21, 2015

Komitmen Dalam Keselamatan Berkendara, HMPCI Chapter Tangerang Menggelar Pelatihan Safety Riding



Tangerang, 9 Februari 2015 -- Dalam rangka mewujudkan bukti nyata untuk komitmen terhadap keselamatan berkendara, Honda MegaPro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Tangerang menggelar pelatihan Safety Riding  yang bekerjasama dengan Safety Riding Promotion (SRP)  PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealer sepeda motor Honda wilayah DKI Jakarta dan Tangerang di Safety Riding Track dan Training Center WMS Jatake, Tangerang pada (8/2).

Kegiatan pelatihan Safety Riding diikuti oleh anggota HMPCI Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Depok sebanyak 32 orang. “Kegiatan pelatihan safety riding merupakan bagian dari agenda program kerja dari kami setiap tahunnya, selain untuk mengasah skill dalam berkendara, juga sebagai pengenalan bagaimana cara berkendara yang aman dan nyaman kepada calon anggota kami,” ujar Bro Egi Ahmad Nur Hakim Kadiv Touring HMPCI Chapter Tangerang.

Pelatihan diberikan selama satu hari oleh Instruktur Safety Riding Promotion WMS, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes Braking Skill. Sementara kemampuan peserta dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan tertentu diuji dalam uji Narrow Plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), Slalom Pylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi menggunakan akselerasi yang benar), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

“Kami sebagai Instruktur Safety Riding tetap berkomitmen kepada komunitas Honda untuk menularkan virus Safety Riding dengan memberikan mereka pelatihan bagaimana cara berkendara yang aman dan nyaman,” kata Agus Sanny Instruktur SR WMS.

Perlu kita pahami bersama, bahwa pendukung keselamatan berkendara di jalan raya bukan hanya kepada komunitas Honda yang sudah pernah mengikuti pelatihan Safety Riding, Akan tetapi, setiap pengguna jalan raya baik pengendara sepeda motor, pengemudi roda empat maupun pejalan kaki berhak menciptakan kondisi lalulintas yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk semua pihak. Hal ini bertujuan demi terciptanya Safety Indonesia.

Follow Twitter @hondacomm; @infoKaFC

Like Facebook Honda Community

SOURCE : 

Februari 19, 2015

BERBONCENGAN AMAN DAN NYAMAN

Kendaraan sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat praktis dan masih disenangi oleh banyak pengendara di Indonesia ini terbukti masih banyaknya sepeda motor yang kita lihat di jalanraya, dan pertumbuhan sepeda motor pun kian meningkat setiap tahunnya. Namun bukan berarti sepeda motor bisa digunakan tanpa aturan, karena ada aturan lalulintas yang mengatur penggunaan sepeda motor, misalnya dalam penggunaan helm dan berboncengan, bahkan di kota besar seperti Jakarta ada beberapa jalan yang tidak boleh dilewati oleh sepeda motor.

Jika kita lihat di jalan raya masih banyak juga pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalulintas yang sudah ditetapkan dalam undang – undang kepolisian, padahal hal tersebut bisa membahayakan pengendara itu sendiri, contohnya berkendara tanpa menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang. Pihak kepolisian bahkan mengklaim bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya banyak disebabkan oleh pengendara sepeda motor.


Kali ini Team Safety Riding Wahana Makmur Sejati akan memberikan beberapa tips kepada pengendara tentang bagaimana berboncengan yang aman dan nyaman agar dalam perjalanan kita selamat sampai di tujuan, yaitu :
  1. Sepeda motor adalah kendaraan yang paling tidak seimbang dan harus diseimbangkan oleh pengendaranya, maka dalam mengendarai sepeda motor harus dalam posisi berkendara yang nyaman.
  2. Jok atau tempat duduk di sepeda motor di desain oleh pabrikan dibuat ada yang sedikit menurun di bagian depan dan sedikit naik di bagaian belakang, artinya sepeda motor mempunyai kapasitas penumpang hanya dua orang saja yaitu pengendara dan pembonceng.
  3. Dalam berkendara kita tidak akan pernah tahu kapan akan terjadi kecelakaan maka gunakanlah perlengkapan berkendara yang aman, mulai dari kepala hingga kaki yaitu Helm, Jaket, Celana Panjang, Sepatu dan Sarung Tangan. Perlengkapan ini wajib digunakan oleh pengendara dan pembonceng karena resiko cidera fatal ketika kecelakaan dapat dikurangi dengan penggunaan perlengkapan berkendara tersebut.
  4. Posisi duduk pembonceng disarankan mengikuti pengendara artinya tidak duduk miring, agar keseimbangan pengendara saat melakukan maneuver berbelok maupun menikung tetap stabil.
  5. Pembonceng wajib berpegangan pada pengendara
  6. Lutut pembonceng disarankan menempel ringan di pinggul pengendara, hal ini dilakukan agar ketika pengendara melewati jalan sempit atau diantara mobil, lutut pembonceng tetap aman dan tidak terbentur.
  7. Biasakan focus dan melihat kedepan saat berboncengan, tidak disarankan pembonceng tertidur atau memainkan handphone, agar ketika terjadi kecelakaan pembonceng juga dapat mengantisipasi supaya cidera tidak terlalu fatal.
  8. Jangan berboncengan lebih dari dua orang, kenyaman pengendara dalam mengoperasikan sepeda motor merupakan hal yang penting karena jika pengendara duduk terlalu ke depan akibat berboncengan lebih dari dua orang maka akan sulit untuk melakukan maneuver maupun mengoperasikan instrument kelistrikan sepeda motor.
Semoga pengendara sepeda motor mulai saat ini memahami betul bagaimana berkendara yang aman, karena kita sebagai manusia biasa tidak pernah tahu kapan musibah kecelakaan terjadi pada diri kita, jangan sampai penyesalan yang datang akibat ulah kita sendiri. Ayo Indonesia Aman Berlalu Lintas (ASA)

Februari 08, 2015

AHMT - WLHC dan HMPC Tangerang Berlatih Skill Safety Riding di SRC WMS

Bagi karyawan yang bekerja dikantoran mungkin hari sabtu dan minggu adalah hari yang menyenangkan karena dapat menikmati liburan setelah sepekan bekerja, namun ini tidak berlaku bagi team SRP WMS karena hari sabtu dan minggu ini (7-8/2/15) harus disibukan dengan aktifitas rutin untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara, dalam dua hari ini SRC (Safety Riding Center) WMS yang berlokasi di Jatiuwung Jatake kedatangan Club AHMT, WLHC dan HMPCI Tangerang mereka berlatih Skill Safety Riding, dimulai dari sesi teori berkendara dan dilanjukan ke sesi praktek dasar berkendara hingga test keseimbangan.

Materi yang diterapkan oleh Instruktur Honda merupakan materi baku dan secara nasional diadopsi dari Honda Safety Jepang, memang saat ini banyak lembaga atau pelatihan safety riding yang berada di Jakarta maupun Tangerang tetapi itu tidak diberikan secara gratis, di Safety Riding Center WMS semua club motor hanya mendaftarkan ke bagian Corcom WMS melalui Bro Sigit 088801331700 setelah itu menunggu giliran pelaksanaannya, semua peserta pelatihan tidak dipungut biaya sepeserpun bahkan disiapkan juga snack, makan siang dan kendaraan praktek.

Pelatihan Safety Riding yang diselenggarakan SRP WMS memang merupakan aktifitas rutin yang selalu dijalankan karena Honda selain menjual sepeda motor Honda juga sangat peduli terhadap keselamatan pengendaranya. Harapan yang diinginkan dari Honda adalah dapat terciptanya lalu lintas yang aman dan tertib sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan berlalu lintas.(ASA)

Februari 06, 2015

Gencarkan Safety Riding ke sekolah SRP WMS datangi SMPN 40 Jakarta

Ditengah kemacetan di Jakarta yang biasa terjadi pada jam sibuk orang berpergian menuju kantor atau tempat kerjanya team SRP WMS justru mendatangi Sekolah yang terletak di wilayah Benhil Jakarta Pusat, SMPN 40 Jakarta kali ini kebagian untuk mendapatkan pelajaran mengenai keselamatan berkendara dan lalu lintas di jalan raya, Team SRP WMS bersama Dikyasa Polda Metro Jaya memberikan pengetahuan kepada anak-anak sekolah ini, sebuah materi pelajaran yang tidak didapatkan dalam pelajaran sehari-hari. Siswa/i SMPN 40 Jakarta yang mengikuti acara ini tampak serius mendengarkan materi yang disampaikan. Sasaran ke sekolah-sekolah  memang terus akan dilakukan di wilayah Jakarta Tangerang, mulai dari tingkat Paud sampai ke Universitas dan semuanya free charge alias gratis. Karena ini merupakan bagian tanggung jawab Honda sebagai ATPM yang menjadi Pelopor Safety Riding. (ASA)

SDN 08 Pagi Tebet Belajar Tentang Keselamatan Berkendara

Edukasi Safety Riding terus digencarkan oleh team Safety Riding Wahana Honda, pada hari Kamis (5/2/15) Sekolah SDN 08 Pagi Tebet dikunjungi oleh Honda dan Kepolisian, tentu bukan dalam rangka jualan motor atau melakukan razia, akan tetapi melakukan Edukasi Keselamatan Berkendara dan Lalu Lintas, materi yang disampaikan yaitu pengenalan - pengenalan rambu lalu lintas dan perlengkapan berkendara.(ASA)

Februari 05, 2015

SRP WMS Datangi TK Keluarga Anak Langit di pinggiran Cisadane

Tangerang (04/02/15). Keluarga Anak Langit, team SRP WMS yang bekerjasama dengan Dikyasa Polres Tangerang Kota memberikan Edukasi mengenai keselamatan berkendara dan berlalu lintas, materi yang diberikan berupa pengetahuan dasar warna rambu dan penggunaan helm anak, semua sangat antusias baik anak-anak, orang tua maupun para pengajar di keluarga anak langit. Selain dari pihak Honda dan Kepolisian, team SRP WMS juga mengajak pendongeng anak profesional yang sudah berpengalaman dalam memberikan edukasi pembelajaran kepada anak-anak melalui metode dongeng, Kak Rico nama yang biasa dipanggil dikalangan pendongeng, materi kali ini yang disampaikan oleh Kak Rico yaitu mengenai berlalu lintas yang aman bagi anak-anak, cerita yang disampaikan pu. sangat mengena kepada orang tua yang ikut mendengarakan, selain itu juga team SRP WMS memberikan souvenir menarik dan snack yang dapat disantap langsung oleh mereka. Semoga banyak anak-anak yang paham dan mengerti bagaimana berlalu lintas yang aman, sehingga ketika mereka besar tidak ugal-ugalan di jalan raya karena melalui pendidikan sejak usia dini menyelamatkan anak bangsa. (ASA)
Memberikan edukasi pada pendidikan anak usia dini memang hal yang menyenangkan, banyak sekolah yang telah dikunjungi oleh team SRP WMS di wilayah Jakarta Tangerang, namun baru kali ini SRP WMS mengunjungi sekolah yang disana kita bisa belajar bersyukur dengan apa yang kita miliki, karena sekolah yang didatangi kali ini merupakan sebuah tempat yang dikhususkan kepada anak-anak yang kurang mampu, terletak di pinggiran kali Cisadane Tangerang area ini memang tampak asri, karena banyak pohon rimbun dan bangunan yang dibuat dari kayu dan bambu, proses pembelajaran yang sangat jauh berbeda ketika team SRP WMS berkunjung ke sekolah di Jakarta, disini anak-anak belajar seadanya namun kualitas nya tidak diragukan karena mereka belajar bermain dan bernyanyi dengan 3 bahasa yaitu Indonesia Arab dan Inggris. Nama tempat itu

Februari 03, 2015

Safety Riding WMS ajarkan Siswa/i SMAN 14 Jakarta Berkendara Aman dan Berlalu lintas


Aktifitas Safety Riding Goes To School yang diagendakan oleh team SRP WMS dalam memberikan edukasi pembelajaran tentang berkendara aman dan lalu lintas terus menerus diadakan, hari ini Selasa (03/02/15) sasaran ditujukan ke Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Jakarta yang berlokasi di Cawang Jakarta Timur.


Arahan yang disampaikan oleh Instruktur Honda WMS mulai dari persiapan berkendara hingga teknik berkendara dengan sepeda motor, didengarkan dengan antusias oleh para siswa/i yang hadir pada acara tersebut. Selain materi tentang berkendara yang aman ada juga materi tentang Undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan yang dipaparkan oleh team dari Kepolisian Dikyasa Polda Metro Jaya. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar lebih banyak para pelajar yang paham akan cara berlalu lintas yang aman, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang. (ASA)

Februari 01, 2015

Edukasi Safety Riding di acara Launching New Vario 150


PT. Wahana Makmur Sejati hari ini (01/02/15) kembali mengadakan acara Publik Launching Honda New Vario 150cc yang diadakan di Mall Atrium Senen, dalam kesempatan ini team Safety Riding WMS juga mengedukasi pengunjung yang datang menyaksikan acara ini, disela-sela acara yang dimulai sejak pukul 10 pagi, para pengujung yang terus berdatangan ke booth riding test mencoba sepeda motor keluaran terbaru dari Honda yaitu New Vario 150, cuaca yang sempat turun hujan sejak pagi hari tetap membuat pengunjung antusias dalam mengendarai New Vario 150, tentu saja hal ini membuat team Safety Riding WMS bersemangat dalam memberikan pengetahuan tentang berkendara yang aman dan nyaman, agar pengunjung lebih bersemangat games yang menarik pun dibuat, yaitu dengan berkendara pelan diantara traffic cone yang telah disusun di tengah track yang sudah dibuat. Hadiah menarik pun telah disiapkan berupa Jacket Exlusive Marc Marquez 93.

Team Safety Riding WMS berperan aktif dalam memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat, hal ini terus dilakukan secara berkelanjutan, mulai dari sekolah tingkat paling dasar hingga perguruan tinggi, bahkan sampai kepada Instansi Pemerintah dan Perusahaan Swasta di wilayah Jakarta Tangerang. (ASA)