Januari 31, 2015

Uji Skill berkendara di Acara Launching New Honda Beat ESP


Mall Atrium Senen hari ini (31/1/15) diramaikan oleh acara yang diselenggarakan oleh PT. Wahana Makmur Sejati Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta Tangerang, acara yang diadakan adalah Lomba Irit New Honda Beat dan Launching New Honda Beat ESP selain kedua acara inti tersebut ada juga Booth Riding Test New Honda Beat dimana para pengunjung dapat menguji skill berkendara dan menjajal sepeda motor keluaran terbaru dari Honda, games berjalan ditengah traffic cone secara lambat dengan jarak yang cukup sempit membuat para pengunjung penasaran, karena ketika berjalan kaki tidak boleh turun dari sepeda motor, antusiasme dari para pengunjung ini membuat acara riding test menjadi lebih ramai.


Januari 28, 2015

Wahana kenalkan Safety Riding di Level Sekolah Dasar

Terus mengkampanyekan aman berkendara, tidak melulu harus menyasar kalangan pengguna sepeda motor atau mobil. Bahkan sebisa mungkin manufaktur mulai melakukan kampanye tersebut kepada siswa di level Sekolah Dasar.Tentunya dengan kurikulum yang berbeda dan mudah dipahami oleh anak-anak di usia SD. Seperti yang dilakukan oleh timSafety Riding Promotion (SRP) Wahana Makmur Sejati. Lengkapnya dapat di baca pada lampiran berjudul: "Wahana Kenalkan Safety Riding di Level Sekolah Dasar" pada link: http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/01/26/350278/wahana-kenalkan-safety-riding-di-level-sekolah-dasar

sumber : otomotif.metrotvnews.com

Wahana Edukasi Siswa SD Tentang Safety Riding

Safety Riding Promotion (SRP) Wahana Makmur berikan pelatihan edukasi kepada siswa sekolah dasar 2 Tangerang bekerjasama dengan  Dikyasa Polres Tangerang, Rabu(21/01). Lengkapnya dapat di baca pada lampiran berjudul: "Wahana Edukasi Siswa SD Tentang Safety Riding" pada link:http://dapurpacu.com/227825/wahana-edukasi-siswa-sd-tentang-safety-riding/

sumber : dapurpacu.com

Edukasi Safety Riding, SRP WMS Kasih Penyuluhan ke Murid SD


Pengenalan tentang safety riding memang dimulai dari sejak dini. Safety Riding Promotion (SRP) PT Wahana Makmur Sejati (WMS) pun menggelar edukasi untuk murid Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan di SD Tangerang 2 (21/1). Lengkapnya dapat di baca pada lampiran berjudul: "Edukasi Safety Riding, SRP WMS Kasih Penyuluhan ke Murid SD" pada link: http://www.motorexpertz.com/read/2015/01/26/6773/Edukasi-Safety-Riding-SRP-WMS-Kasih-Penyuluhan-ke-Murid-SD

sumber : motorxpertz.com

Januari 27, 2015

Ayo Belajar Naik Motor dengan Honda Riding Trainer

Dani Pedrosa menjajal HRT
Mungkin jika kita mendengar kata Simulator Sepeda Motor pasti akan teringat simulator yang sempat menjadi kasus oleh KPK dan Polri, Nah disini ternyata beda karena Honda sebagai salah satu ATPM yang menjadi Pelopor Safety Riding telah lama mempunyai alat simulasi berkendara yang dinamakan Honda Riding Trainer, perangkat lunak yang terdapat di dalam HRT didatangkan langsung dari Jepang.

Event di Sekolah siswa belajar berkendara.
Ternyata tidak mudah juga berkendara dengan menggunakan simulasi dikarenakan obyek yang terdapat selama perjalanan kita terkadang tidak diduga-duga, disitulah kita bisa belajar memprediksi bahaya yang timbul saat di jalan raya. Selain prediksi bahaya, ada beberapa menu untuk pilihan rute dan cuaca yang akan dilalui saat berkendara, setelah melalui berkendara dari start sampai finish akan ada nilai evaluasi yang langsung bisa di print, sehingga kita bisa melihat dimana letak kesalahan kita saat berkendara serta mendapatkan penjelasan bagaimana seharusnya kita berkendara.


Dimana kita mencoba alat simulasi Honda Riding Trainer? HRT dapat kita temui di beberapa dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia, untuk di wilayah Jakarta Tangerang terdapat 64 dealer yang menyediakan alat Honda Riding Trainer ini. Dalam beberapa kesempatan saat ada event-event yang diadakan oleh Honda biasanya alat HRT ini selalu dibawa agar masyarakat umum dapat mencoba melatih berkendara.





Januari 26, 2015

Edukasi Safety Riding ke SMAN 64 Jaktim team SRP WMS Gandeng Dikyasa Polda Metro Jaya

Edukasi tentang pengetahuan berkendara aman dan undang-undang lalu lintas terus dilakukan oleh team SRP WMS, pada hari ini (26/01/15) sasaran menuju ke SMAN 64 Jakarta Timur, sekolah yang berlokasi di daerah cipayung ini mendapatkan giliran untuk diberikan pelajaran yang tidak terdapat pada mata pelajaran umum, sebanyak 367 siswa/i mendengarkan paparan yang diberikan oleh Instruktur Safety Riding Wahana Makmur Sejati, untuk kali ini program yang bertajuk Safety Riding Goes to School menggandeng team dari Dikyasa Polda Metro Jaya. 
Pengetahuan yang diberikan oleh Instruktur Safety Riding Honda kepada para siswa/i antara lain tentang tata cara berkendara yang aman, mulai dari persiapan hingga perjalanan saat berkendara, serta pengetahuan tentang Aturan berlalu lintas dan undang - undang lalu lintas angkutan jalan yang disampaikan oleh pihak Dikyasa Polda Metro Jaya (ASA)

Susun Planing dan Strategi thn 2015 AHM gelar Raker bersama Pic Safety Riding se-Indonesia

Sebagai Pelopor Safety Riding, Honda terus berinovasi dalam memberikan materi dan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, untuk mewujudkan itu Safety Riding dan Motorsport Dept. AHM mengundang para perwakilan PIC Safety Riding MD se-Indonesia untuk Rapat Kerja tahun 2015 yang diadakan di Semarang Jawa Tengah, acara yang berlangsung sejak hari minggu (25/01/15) ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pada hari pertama para undangan dibawa ke acara Kick Off Kampung Safety Riding Honda yang dipelopori oleh Astra Motor Semarang, setelah itu dilanjutkan untuk melihat event Safety Riding Day yang diadakan serentak oleh Astra Motor di beberapa cabangnya di kota-kota lain, para undangan ini melihat langsung acara Safety Riding Day yang diadakan di Semarang. Hari kedua Undangan diajak berkunjung ke HSO Jogjakarta untuk melihat Safety Riding Center Astra Motor Jogjakarta yang baru saja dibangun untuk pelatihan berkendara masyarakat Jogjakarta dan pada esok hari nya (27/01/15) Acara puncaknya pun dimulai yaitu dengan mengadakan koordinasi antara AHM dengan Main Dealer se Indonesia.
Safety Rding Motorsport AHM menyusun Planing dan Strategi untuk kegiatan dan aktifitas safety riding yang akan dilakukan di Indonesia serta melakukan perbaikan-perbaikan aktifitas yang telah dilakukan di tahun 2014, Pada kesempatan ini Bapak Emerson dari Safety Riding Motorsport Dept. AHM menjelaskan dan memaparkan pencapaian hasil dari tiap-tiap Main Dealer, lalu dilanjutkan oleh Bapak Johanes Lucky yang memaparkan rencana dan strategi kedepan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Banyak sekali masukan-masukan yang datang dari beberapa didaerah mengenai kesulitan dan  aktifitas yang telah dilakukan didaerahnya masing-masing. Semoga dengan adanya kesadaran dari pihak ATPM Honda dalam memberikan pengetahuan dan berkampanye Safety Riding maka makin banyak juga masyarakat di Indonesia yang sadar akan keselamatan dalam berkendara dan berlalu lintas. (ASA)

Januari 25, 2015

Training Skill JNE Batch 2 didukung cuaca yang bersahabat


Hari ini (25/01/2015) kegiatan team Safety Riding Wahana Honda kembali disibukan dengan agenda rutin untuk memberikan pengetahuan tentang cara berkendara yang aman kepada masyarakat, kali ini perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang yaitu PT, JNE yang mendapatkan kesempatan untuk berlatih bagaimana cara dan teknik berkendara yang aman,
Peserta diberikan arahan cara pengecekan kendaraan
PT. JNE telah melakukan kerjasama untuk memberikan pelatihan berkendara kepada 300an karyawannya yang dibagi menjadi 10 kali pelaksanaan, Batch pertama telah dimulai pada bulan Desember 2014 dan ini merupakan kali kedua karyawan JNE mendapatkan pelatihan, ditengah cuaca yang tidak dapat diprekdiksi akhir-akhir ini pelatihan ternyata dapat berjalan dengan baik dengan cuaca yang cerah. "Biasanya kalo bulan Januari sering hujan, tapi alhamdulilllah hari ini cerah" ujar Siswanto Instruktur Safety Riding Wahana Honda

Materi pelatihan yang diberikan kepada karyawan yang mengikuti acara ini antara lain, teori tentang berkendara yang aman selain itu juga mereka langsung mengikuti praktek lanpangan yang meliputi teknik-teknik dasar berkendara seperti pengereman, zig-zag(slalom phylon), keseimbangan(narrow plank) dan teknik menikung. (ASA)

PIC Safety Riding Honda se-Indonesia Saksikan Kick Off Kampung Safety Honda di Semarang

Astra International membuat program keselamatan yang beda daripada yang lain, yaitu membuat Kampung Safety Honda, dimana kampung atau wilayah tersebut akan dijadikan pilot project bagi kampung-kampung lainnya yang nantinya akan dikompetisikan.

Pada kesempatan itu, Kick Off yang dibuka oleh Wadirlantas Polda Jateng dan Kapolrestabes Semarang serta pimpinan dari Astra International juga disaksikan oleh para PIC Safety Riding Honda yang datang dari berbagai kota di Indonesia, setelah melihat berbagai aktifitas yang dilakukan para PIC SR Honda dibawa menuju acara Safety Riding Day yang dilakukan serempak di beberapa kota, kegiatan ini sangat positif agar pendidikan dan pengetahuan tentang berlalu lintas diterapkan mulai dari keluarga kecil di lingkungan perkampungan.
 
Semoga banyak kegiatan-kegiatan serupa yang terus dilakukan oleh ATPM lain demi terciptanya Indonesia yang tertib dan Aman Berlalu lintas. (ASA)

Januari 23, 2015

Siswa/i SMP Daan Mogot Tangerang Antusias Belajar Safety Riding


Sekolah Menengah Pertama yang berlokasi di daerah Jatiuwung Jatake ini menjadi SMP pertama yang dikunjungi Safety Riding Wahana Honda di Bulan Januari 2015, walau cuaca hujan sejak pagi namun team dari Wahana dan Kepolisian tetap hadir pada waktu yang sudah disepakati, para siswa/i yang sudah menunggu pun sangat antusias dalam mendengarkan pemaparan dan pengarahan yang disampaikan dari dua Instansi ini, kegiatan ini akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Tangerang, bahkan semuanya free alias gratis, pihak sekolah hanya menyediakan tempat dan siswanya saja. Sebanyak 262 murid yang mengikuti acara ini pun tambah semangat karena selain pengarahan mereka juga diberikan souvenir dan snack dari Wahana dan Kepolisian. (ASA)

Januari 22, 2015

Sasaran SRP WMS menuju ke SMAN 54 JAKARTA


Safety Riding Goes to School itulah salah satu bentuk Aktifitas yang terus dilakukan oleh team Safety Riding Wahana Honda, kali ini sasaran menuju ke SMAN 54 Jakarta yang bertempat di Wilayah Jakarta Timur, bekerjasama dengan pihak Kepolisian Dikyasa Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh Ibu Kompol. Susana melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada siswa/i sekolah tersebut. Hal yang dipaparkan kepada pelajar menengah atas lebih kepada cara dan tehnik berkendara yang aman dan nyaman serta pengetahuan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.(ASA)

AHASS AISAA JAYA ABADI Peduli Keselamatan Berkendara



Kepedulian terhadap keselamatan kepada pengendara ternyata tidak hanya dilakukan oleh Main Dealer atau Instansi Pemerintah saja, tanpa dikomandoi kepala bengkel dari AHASS AISAA JAYA ABADI membuat beberapa spanduk Himbauan Keselamatan untuk pengendara. Bengkel yang berlokasi di daerah Rajeg Tangerang ini merupakan AHASS resmi yang dikoordinir oleh PT. Wahana Makmur Sejati (Main Dealer Sepeda Motor Jakarta Tangerang).

Menurut Bapak Yus Sugito selaku Kepala Bengkel di depan jalan AHASS tersebut sering terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, maka atas kepedulian beliau dibuatkanlah spanduk himbauan agar pengendara motor bisa lebih berhati-hati "Selain spanduk kami juga membagikan flyer dari Safety Riding Wahana yang berisikan tentang cara berkendara yang aman" tambah Pak Yus.
Kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan berkendara khususnya sepeda motor memang sangat didukung oleh team SRP WMS. Semoga akan lebih banyak lagi AHASS dan DEALER yang terus gencar mensosialisasikan keselamatan berkendara kepada masyarakat. (ASA)

Januari 21, 2015

Pembinaan Berkendara dan Berlalulintas ditanamkan Sejak Dini oleh SRP WMS


SDN 02 Tangerang mendapatkan edukasi mengenai keselamatan berlalulintas, kegiatan yang dijalankan oleh team Safety Riding Wahana Honda ini memang bagian dari aktifitas rutin yang selalu dilakukan setiap saat, sasarannya sekolah-sekolah wilayah Jakarta dan Tangerang, event kali ini bekerjasama dengan pihak kepolisian dari Dikyasa Polres Metro Tangerang Kota.(ASA)

Januari 18, 2015

Slalom Phylon Tehnik Dasar Berkendara


Saat di jalan raya para pengendara sepeda motor tentu tidak hanya berjalan lurus saja, tanpa disadari kadang kita harus berkendara zig-zag saat melewati kendaraan atau obyek lainnya, disaat berkendara zig-zag kita harus tahu kapan saat yang tepat untuk membuka dan menutup gas, oleh karena itu para Instruktur Honda mengajarkan cara ini pada sesi Slalom Phylon, berikut tehnik ketika kita melewatislalom phylon :

1. Membuka gas pada awal menjadi point penting keberhasilan untuk melewati cone berikutnya, oleh karena itu pastikan untuk tidak terlalu besar membuka gas pada awal start

2. Setiap melewati satu cone, itu berarti kita harus siap untuk membuka tutup gas, semakin cepat laju kendaraan semakin cepat pula buka tutup gas

3. Jangan sekali-kali menggunakan rem depan saat kita sedang bermanuver pada slalom phylon, tapi gunakanlah rem belakang untuk menjaga kestabilan saat melalui slalom phylon

4. Ketika kita menggunakan sepeda motor type sport, kopling harus dilepas sehingga saat kita manuver engine dapat menahan agar motor tidak loss

5. Postur berkendara juga menjadi faktor penting, maka perhatikan lutut kita jangan sampai terbuka agar tidak mengenai cone

Itulah sekilas trik singkat ketika kita belajar slalom phylon, tentunya kita juga harus sering-sering melatihnya agar kita terbiasa dan lebih mudah berkendara zig-zag di jalan raya. (ASA)


Kisah Polisi Menilang Sahabat Karibnya

Dari kejauhan, lampu lalu-lintas di perempatan itu masih menyala hijau. Jono segera menekan pedal gas kendaraannya. Ia tak mau terlambat. Apalagi ia tahu perempatan di situ cukup padat, sehingga lampu merah biasanya menyala cukup lama. Kebetulan jalan di depannya agak lengang. Lampu berganti kuning. Hati Jono berdebar berharap semoga ia bisa melewatinya segera. Tiga meter menjelang garis jalan, lampu merah menyala.Jono bimbang, haruskah ia berhenti atau terus saja. “Ah, aku tak punya kesempatan untuk menginjak rem mendadak,” pikirnya sambil terus melaju.
Prit!
Di seberang jalan seorang polisi melambaikan tangan memintanya berhenti. Jono menepikan kendaraan agak menjauh sambil mengumpat dalam hati. Dari kaca spion ia melihat siapa polisi itu. Wajahnya tak terlalu asing.
Hey, itu khan Bobi, teman mainnya semasa SMA dulu.
Hati Jono agak lega.
Ia melompat keluar sambil membuka kedua lengannya.
“Hai, Bob. Senang sekali ketemu kamu lagi!”
“Hai, Jon.” Tanpa senyum.
“Duh, sepertinya saya kena tilang nih? Saya memang agak buru-buru.
Istri saya sedang menunggu di rumah.”
“Oh ya?”
Tampaknya Bobi agak ragu. Nah, bagus kalau begitu.
“Bob, hari ini istriku ulang tahun. Ia dan anak-anak sudah menyiapkan segala sesuatunya. Tentu aku tidak boleh terlambat, dong.”
“Saya mengerti. Tapi, sebenarnya kami sering memperhatikanmu melintasi lampu merah di persimpangan ini.”
Oooo, sepertinya tidak sesuai dengan harapan. Jono harus ganti strategi.
“Jadi, kamu hendak menilangku? Sungguh, tadi aku tidak melewati lampu merah. Sewaktu aku lewat lampu kuning masih menyala.”
Aha, terkadang berdusta sedikit bisa memperlancar keadaan.
“Ayo dong Jon. Kami melihatnya dengan jelas. Tolong keluarkan SIM-mu.”
Dengan ketus Jono menyerahkan SIM, lalu masuk ke dalam kendaraan dan menutup kaca jendelanya. Sementara Bobi menulis sesuatu di buku tilangnya. Beberapa saat kemudian Bobi mengetuk kaca jendela. Jono memandangi wajah Bobi dengan penuh kecewa.Dibukanya kaca jendela itu sedikit.
Ah, lima centi sudah cukup untuk memasukkan surat tilang. Tanpa berkata-kata Bobi kembali ke posnya. Jono mengambil surat tilang yang diselipkan Bobi di sela-sela kaca jendela. Tapi, hei apa ini. Ternyata SIMnya dikembalikan bersama sebuah nota. Kenapa ia tidak menilangku. Lalu nota ini apa? Semacam guyonan atau apa? Buru-buru Jono membuka dan membaca nota yang berisi tulisan tangan Bobi.
“Halo Jono, Tahukah kamu Jon, aku dulu mempunyai seorang anak perempuan. Sayang, ia sudah meninggal tertabrak pengemudi yang ngebut menerobos lampu merah. Pengemudi itu dihukum penjara selama 3 bulan. Begitu bebas, ia bisa bertemu dan memeluk ketiga anaknya lagi. Sedangkan anak kami satu-satunya sudah tiada. Kami masih terus berusaha dan berharap agar Tuhan berkenan mengkaruniai seorang anak agar dapat kami peluk. Ribuan kali kami mencoba memaafkan pengemudi itu. Betapa sulitnya. Begitu juga kali ini. Maafkan aku Jon. Doakan agar permohonan kami terkabulkan. Berhati-hatilah. (Salam, Bobi)”.
Jono terhenyak. Ia segera keluar dari kendaraan mencari Bobi. Namun, Bobi sudah meninggalkan pos jaganya entah ke mana. Sepanjang jalan pulang ia mengemudi perlahan dengan hati tak menentu sambil berharap kesalahannya dimaafkan… ….
Tak selamanya pengertian kita harus sama dengan pengertian orang lain. Bisa jadi suka kita tak lebih dari duka rekan kita. Hidup ini sangat berharga, jalanilah dengan penuh hati-hati.
(source: kaskus)

Januari 17, 2015

Safety Riding Wahana Honda Gencarkan Edukasi Safety Riding


Wahana Makmur Sejati sebagai Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta Tangerang terus meningkatkan keseriusannya dalam kepedulian terhadap keselamatan berkendara, ini dibuktikan dengan adanya gedung Safety Riding Center WMS yang berlokasi di Jatake Tangerang, Gedung yang dibangun di komplek Sentra Distribusi Wahana Jatake ini memiliki berbagai fasilitas untuk pelatihan berkendara, selain dilengkapi fasilitas dan peralatan yang mendukung WMS juga memiliki para Instruktur yang terlatih, bahkan diantaranya pernah menjadi salah satu juara kompetisi safety riding tingkat dunia di Jepang.

Pelatihan safety riding yang dilakukan oleh team Safety Riding Wahana Honda bukan hanya dikhususkan bagi Club dan Komunitas Motor saja tetapi juga Perusahaan Swasta dan Instansi Pemerintah, selain itu kegiatan dengan mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Tangerang juga dilakukan dengan menggandeng pihak Kepolisian.

Bahkan semua kegiatan yang dilakukan ke sekolah tidak dipungut biaya apapun alias gratis, cukup dengan mengirimkan email atau lewat telepon pihak sekolah bisa mengajukan permohonan untuk dilakukan edukasi safety riding, "Bukan hanya Gratis saja bahkan siswa juga mendapatkan souvenir dari Wahana" jelas Tony Purnama selaku Head SRP WMS, "Kegiatan ke sekolah-sekolah dimulai dari paling dasar yaitu TK sampai tingkat Universitas" tambah Siswanto salah satu Instruktur WMS.

Bagi Sekolah maupun Perusahaan bisa menghubungi : email tony@wahanaartha.com, siswanto@wahanaartha.com atau agus.sani@wahanaartha.com

Bunuh Diri atau Takdir

Banyak kecelakaan yang terjadi disekitar kita, namun tak sedikit pula kecelakaan itu diakibatkan oleh kelalaian dari pengendaranya, dan banyak juga diantara kita yang menganggap bahwa semua kecelakaan adalah Takdir yang sudah digariskan. Kali ini kita akan bahas perbedaan antara Takdir dan Bunuh diri, para pengendara khususnya sepeda motor seringkali melakukan percobaan bunuh diri saat di jalan raya, namun mereka tidak menyadarinya.

Takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya. Dengan demikian segala sesuatu yang terjadi tentu ada takdirnya, termasuk manusia sementara Bunuh diri adalah sebuah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian diri sendiri.

Kita lihat di jalan raya banyak pengendara sepeda motor yang mencoba melakukan percobaan bunuh diri dengan melanggar rambu lalu lintas, tidak memakai helm dan tidak mengikuti aturan berkendara yang aman, salah satu contoh adalah ketika seorang pengendara sepeda motor berkendara tanpa menggunakan hel dan berjalan dengan kecepatan tinggi, tentu orang tersebut bisa dikatakan dengan mencoba bunuh diri karena dia sudah tahu bahwa mengendarai sepeda motor sangat beresiko terhadap kecelakaan, lalu disisi lain ada pengendara yang sudah memakai perlengkapan yang sangat aman dan berhati - hati, namun terjadi kecelakaan dan meninggal dunia maka ia meninggal karena takdir.

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling tidak seimbang dibandingkan dengan kendaraan lain sebab keseimbangan sepeda motor dikendalikan oleh pengendaranya, dan apabila terjadi kecelakaan di jalan raya pengendara sepeda motor akan terjatuh dan tentunya tubuh si pengendara akan terkena benturan akibat kecelakaan tersebut, beda hal nya ketika mengendarai mobil, ketika terjadi kecelakaan misalnya tabrakan, pengendara mobil tersebut masih dapat terlindungi oleh rangka besi dari mobil tersebut.
Mulai sekarang marilah kita jangan mencoba bunuh diri dijalan raya karena tidaknada seorang pun manusia yang bisa menjamin akan keselamatan dirinya saat berkendara termasuk seorang profesional dan ahli dalam berkendara, jadilah pengendara yang taat pada aturan lalu lintas dan gunakanlah perlengkapan berkendara seaman mungkin saat kita mengendarai kendaraan khususnya sepeda motor. (ASA)

Januari 16, 2015

SRP WMS Kerjasama dengan SATPAS SIM PMJ dalam pembuatan SIM Komunitas


Minggu 21 Desember 2014 merupakan Aktifitas terakhir Team Safety Riding Wahana Honda, kegiatan akhir tahun ini diisi dengan Pembuatan SIM Komunitas untuk Keluarga Besar Wahanaartha Group, sebanyak 250 orang mengikuti pembuatan SIM ini dengan antusias, karena selain lokasi yang memang berada di Safety Riding Center Wahana Makmur Sejati di Jatake Tangerang para peserta juga bisa bercengkrama dan silaturahmi dengan karyawan lainnya.

Pembuatan SIM Komunitas ini dikhususkan untuk SIM A dan SIM C, namun tidak semua peserta bisa lulus dalam pembuatan SIM dikarenakan selain melalui Ujian Teori peserta juga wajib melakukan Ujian Praktek dengan kendaraan yg sudah disiapkan pihak SATPAS SIM PMJ.

Selain kegiatan pembuatan SIM, team safety Riding yang dimotori oleh Bapak Tony Purnama selaku Head SRP juga mempunyai banyak agenda-agenda lain dalam mengkampanyekan Safety Riding di Wilayah Jakarta Tangerang, mulai dari Edukasi ke Taman Kanak-kanak sampai Universitas, selain itu juga ada pelatihan skill untuk Club dan Komunitas serta Perusahaan Swasta dan Instansi Pemerintah, "Sampai dengan akhir tahun ini sudah 15.000an orang yang telah diedukasi Safety Riding mulai dari TK sampai Masyarakat Umum, tentunya harapan kami akan banyak pelajar dan masyarakat yang paham akan keselamatan berlalu lintas" papar Bapak yang akrab dipanggil Bosston oleh anak buahnya ini.(ASA)

Latih Keseimbangan di atas papan Narrow Plank


Salah satu teknik berkendara adalah menjaga keseimbangan, ini bisa kita latih melalui papan keseimbangan atau Narrow Plank, teknik keseimbangan merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh pengendara, karena jika kita bisa seimbang dalam mengendarai sepeda motor tentunya manuver apapun saat kita berkendara menjadi lebih mudah dilakukan.

Tehnik Berkendara Boncengan


Pertumbuhan sepeda motor di Asia Tenggara khususnya di Indonesia terus bertambah seiring dengan kebutuhan akan moda transportasi yang efisien dan terjangkau. Dari tengah kota hingga sudut-sudut desa sepeda motor mudah ditemukan.
Beberapa alasan yang sering diutarakan adalah irit bahan bakar, bebas macet, sanggup membawa barang, membawa orang, dan harganya terjangkau.
Sehubungan dengan alasan penggunaan sepeda motor, kali ini kita akan membahas mengenai teknik berboncengan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Sepeda motor didesain hanya untuk membawa 2 orang, yaitu pengendara dan pembonceng. Hal ini terkait dengan kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor dengan jumlah lebih dari 2 orang.
  2. Pembonceng mempunyai potensi resiko kecelakaan yang sama besar dengan pengemudi. Bahkan beberapa kasus pembonceng mengalami luka yang lebih serius bila dibandingkan dengan pengemudi. Sehingga pembonceng harus menggunakan riding gear secara standar sama seperti pengemudi.
  3. Pada saat berkendara dengan pembonceng, pengemudi harus dapat mengatur pergerakan titik berat keduanya agar seirama dengan pergerakan motor. Apabila tidak, maka keseimbangan motor akan terganggu khususnya pada saat menikung/miring. Untuk memudahkan pengemudi, pembonceng harus duduk menghadap kedepan searah dengan pengemudi dan berpegangan kepada pengemudi sehingga pergerakan pembonceng akan mengikuti pergerakan pengemudi.
  4. Posisi duduk pembonceng yang di belakang akan lebih dekat ke roda dan rantai, sehingga hindari menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.

Tidak ada larangan untuk berkendara berboncengan selama sesuai dengan aturan lalu-lintas yang berlaku, tetapi pasti lebih sulit bila dibandingkan dengan berkendara sendirian. Pahami tekniknya untuk keamanan dan keselamatan kita bersama, ingat Pribadi Berkualitas Taat Aturan Lalu lintas. (ASA)

Menghadapi Hujan Saat Berkendara



Di musim hujan seperti ini, ditambahkan lagi dengan beberapa daerah yang menjadi langganan banjir, tentunya bukan hal yang sulit untuk menemukan jalan rusak atau berlubang. Apalagi seperti kita tahu, sebagian besar jalan masih di lapisi aspal dan musuh terberat aspal adalah air, khususnya air yang tergenang. Hal ini dapat kita lihat ketika ta melintas di jalan yang tergenang air dan pada bagian bawah kendaraan kita terlihat titik hitam yang melekat erat. Titik hitam tersebut setelah diperiksa, tak lain dan tak bukan adalah aspal jalan.

Titik permasalahannya adalah lubang-lubang tersebut akan siap ‘menciderai’ bila kita terlena atau tidak tahu bagaimana menghadapinya.

Dari berbagai kasus yang saya lihat, mungkin kita semua juga tahu, kebanyakan orang cenderung untuk menghindari lubang tersebut daripada melewatinya. Dengan alas an tidak nyaman saat melewati lubang atau takut terjatuh karena melindas lubang tersebut.

Pada dasarnya pilihan tersebut benar, tetapi ada satu hal yang biasanya terlewati yaitu melihat situasi terlebih dahulu. Ketika dalam kondisi panic, daripada menerem terlalu dalam, lebih baik langsung menghindar. Padahal ada kendaraan lain yang melintas dari arah belakang atau berlawanan dan akhirnya tabrakan tidak dapat dihindarkan. Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Tehnik ketika menghadapi lubang yang benar adalah :

1.    Kalau anda sudah paham dengan jalannya, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan sudah mulai persiapan untuk berpindah jalur.
2.    Beri jarak pandang yang cukup bagi anda dengan kendaraan di depan, sehingga  kondisi jalan di depan lebih terlihat.
3.    Ketika melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan ada kendaraan yang akan melintas diarea yang akan anda gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situai aman kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi, Berbahaya!
4.    Bila jarak pengereman terlalu pendek dan anda harus melewati lubang tersebut, tetap memperlambat kendaraan dan angkat pinggul anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, dan genggam lebih kuat setang kemudi anda. Hali ini bertujuan agar anda tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.

Hal ini berlaku juga bila sekiranya anda mengetahui pengendara di depan anda akan menghadapi lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya. Terlepas siapa yang benar dan yang salah,  , kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan.

Demikian tehnik menghadapi lubang di jalan, tetap waspada dan bertindak aman untuk kenyamanan kita bersama

Jas Hujan Ponco NO SAFETY


Ketika cuaca dalam keadaan hujan pengendara sepeda motor sangat membutuhkan jas hujan untuk menghindari basah saat berkendara, namun beberapa pengendara di jalan raya salah dalam memilih penggunaan jas hujan yang tepat, masih ada pengendara yang memakai jas hujan model ponco/jubah dengan alasan lebih mudah digunakan dan tidak ribet, padahal jas hujan model ponco sangat berbahaya apabila digunakan pada saat kita berkendara, bagian ujung jas hujan model ponco akan rentan masuk kedalam gear atau jari-jari bagian ban belakang, pada saat seperti ini leher pengendara akan tertarik kebelakang, dan mengakibatkan pengendara akan terjatuh. Ada beberapa contoh kecelakaan yang terjadi pada saat penggunaan jas hujan model ponco seperti diceritakan Pak Maryono, warga Rawajati, Jakarta Selatan beruntung saat itu dirinya sedang memacu sepeda motor nya dalam kecepatan rendah dan ada orang yang sigap menolong dirinya.

“Waktu itu saya pulang mengantarkan anak saya ke sekolah sekitar jam 6.30 pagi, saat kembali kerumah saya memperlambat motor saya dan berhenti di persimpangan samping Mall Kalibata. Namun betapa terkejutnya saya, saat saya merasa ada yang menarik jas hujan saya dari belakang dan spontan tarikan gas meninggi karena leher saya tertarik kebelakang dan langsung terjatuh,” jelas Maryono.

“Beruntung saya diselamatkan oleh pedagang es kelapa yang langsung memotong jas hujan saya. Anda bisa bayangkan, ditengah guyuran hujan deras leher anda tercekik hingga sulit bernafas dan wajah anda menempel di ban belakang karena jas hujan terlilit di jari-jari motor,” tambah ayah tiga anak ini.

Nasib baik masih berpihak pada Maryono yang saat itu laju motornya memang sedang tidak dalam kecepatan tinggi dan ada orang yang sigap menolong dirinya. Apa jadinya jika peristiwa ini terjadi di jalan yang sepi?

Semoga dengan kejadian diatas pengendara dapat memahami betapa pentingnya keselamatan bagi anda dan keluarga, Sangat disarankan untuk menggunakan Jas Hujan model terpisah antara celana dan baju, karena selain nyaman saat digunakan jas hujan model seperti ini sangat aman, mulailah menjadi pribadi yang cerdas dan berkualitas, dengan taat aturan lalu lintas dan menghormati sesama pengguna jalan. (ASA)